Sambutan Ketua Umum ASEPHI

Sambutan Ketua Umum ASEPHI

Sejak tahun 2016, evaluasi INACRAFT Award mengambil format baru dalam aplikasi digital. Proses penjurian masih menerapkan format UNESCO tetapi setiap langkah pengumpulan dan menandai skor akan dilakukan oleh sistem digital, sehingga diharapkan untuk membuat proses input data mudah dan mempercepat proses penjurian, sehingga hasil yang telah masukan bisa langsung diketahui dan diharapkan dapat mengurangi kemungkinan kesalahan. Perubahan format ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan sejalan dengan perkembangan teknologi. Meskipun masih jauh dari sempurna, beberapa perubahan dan perbaikan menjadi pernyataan kita di masa depan.

Ada lebih dari 100 produk yang telah dipilih dari INACRAFT Award oleh hakim profesional yang telah menerima Certificate of Excellence dari UNESCO sejak keterlibatan ASEPHI dalam program ini.

Ada tujuh kategori produk kerajinan yang akan dievaluasi, yaitu: keramik, serat alami, tekstil, kayu, batu, logam, dan bahan lainnya. Dari tujuh kategori ini, produk terbaik akan dipilih untuk menerima INACRAFT Award dan penghargaan khusus untuk Muncul Produk.

ASEPHI mengharapkan program ini dapat meningkatkan pemahaman para pengrajin dan pelaku usaha di industri kreatif kerajinan untuk bekerja dan selanjutnya menciptakan produk kerajinan khas Indonesia tetapi memiliki standar internasional dan kualitas, dan terus merawat kelestarian lingkungan dalam proses produksi produk menjadi diterima oleh pasar global.

THAMRIN BUSTAMI
Ketua Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia